Rabu, 29 Februari 2012

Harga


·        Pengertian harga
·        Fungsi
·        Tujuan

Harga memegang andil yang cukup besar dalam penjualan produk. Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa.
Harga merupakan sesuatu yang harus dibayarkan oleh konsumen berupa nominal angka dalam mata uang tertentu atas suatu produk dengan nilai tertentu dalam rangka pemenuhan kebutuhan  atau keinginan  untuk mencapai kepuasan. 

Fungsi Harga 

1.          Sumber pendapatan dan keuntungan perusahaan untuk pencapaian tujuan produsen ( harga biaya-biaya produk memberikan keuntungan bagi perusahaan).
2.           Pengendali permintaan dan penawaran ( terutama bila bersifat elastic, permintaan akan meningkat jika harga turun dan sebaliknya ).
3.        Mempengaruhi program pemasaran dan fungsi-fungsi bisnis lainnya bagi perusahaan. Harga dapat berperan sebagai pengaruh terhadap aspek produk ( pergeseran orientasi, kualitas, atau citra produk), distribusi ( mengendalikan intensitas distribusi ), atau promosi( diskon, obral, hadiah, dsb ).
4.                   Mempengaruhi perilaku konsumsi dan pendapatan masyarakat ( harga rendah dapat meningkatkan konsumsi masyarakat dan upah yang tinggi bagi jasa masyarakat akan mempengaruhi perilaku konsumsinya ).

Tujuan Penetapan Harga

1. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya
Dengan menetapkan harga yang kompetitif maka perusahaan akan mendulang untung yang optimal.
2. Mempertahankan perusahaan
Dari marjin keuntungan yang didapat perusahaan akan digunakan untuk biaya operasional perusahaan. Contoh : untuk gaji/upah karyawan, untuk bayar tagihan listrik, tagihan air bawah tanah, pembelian bahan baku, biaya transportasi, dan lain sebagainya.

 3. Menggapai ROI (Return on Investment) (Pengembalian investasi)
Perusahaan pasti menginginkan balik modal dari investasi yang ditanam pada perusahaan sehingga penetapan harga yang tepat akan mempercepat tercapainya modal kembali.
4. Menguasai Pangsa Pasar
Dengan menetapkan harga rendah dibandingkan produk pesaing, dapat mengalihkan perhatian konsumen dari produk kompetitor yang ada di pasaran.
5. Mempertahankan status quo
Ketika perusahaan memiliki pasar tersendiri, maka perlu adanya pengaturan harga yang tepat agar dapat tetap mempertahankan pangsa pasar yang ada.

Sumber :

wordpress.com/2011/10/31/strategi-penetapan-harga-2        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar