·
Pengertian harga
·
Fungsi
·
Tujuan
Harga memegang andil yang cukup
besar dalam penjualan produk. Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan
suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan
diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa.
Harga merupakan sesuatu yang harus
dibayarkan oleh konsumen berupa nominal angka dalam mata uang tertentu atas
suatu produk dengan nilai tertentu dalam rangka pemenuhan kebutuhan atau keinginan untuk mencapai kepuasan.
Fungsi
Harga
1. Sumber pendapatan dan
keuntungan perusahaan untuk pencapaian tujuan produsen ( harga biaya-biaya
produk memberikan keuntungan bagi perusahaan).
2. Pengendali permintaan
dan penawaran ( terutama bila bersifat elastic, permintaan akan meningkat jika
harga turun dan sebaliknya ).
3. Mempengaruhi program
pemasaran dan fungsi-fungsi bisnis lainnya bagi perusahaan. Harga dapat
berperan sebagai pengaruh terhadap aspek produk ( pergeseran orientasi,
kualitas, atau citra produk), distribusi ( mengendalikan intensitas distribusi
), atau promosi( diskon, obral, hadiah, dsb ).
4. Mempengaruhi perilaku
konsumsi dan pendapatan masyarakat ( harga rendah dapat meningkatkan konsumsi
masyarakat dan upah yang tinggi bagi jasa masyarakat akan mempengaruhi perilaku
konsumsinya ).
Tujuan Penetapan Harga
1. Mendapatkan
keuntungan sebesar-besarnya
Dengan
menetapkan harga yang kompetitif maka perusahaan akan mendulang untung yang
optimal.
2.
Mempertahankan perusahaan
Dari
marjin keuntungan yang didapat perusahaan akan digunakan untuk biaya
operasional perusahaan. Contoh : untuk gaji/upah karyawan, untuk bayar tagihan
listrik, tagihan air bawah tanah, pembelian bahan baku, biaya transportasi, dan
lain sebagainya.
3. Menggapai
ROI (Return on Investment) (Pengembalian investasi)
Perusahaan
pasti menginginkan balik modal dari investasi yang ditanam pada perusahaan
sehingga penetapan harga yang tepat akan mempercepat tercapainya modal kembali.
4. Menguasai
Pangsa Pasar
Dengan
menetapkan harga rendah dibandingkan produk pesaing, dapat mengalihkan
perhatian konsumen dari produk kompetitor yang ada di pasaran.
5.
Mempertahankan status quo
Ketika
perusahaan memiliki pasar tersendiri, maka perlu adanya pengaturan harga yang
tepat agar dapat tetap mempertahankan pangsa pasar yang ada.
Sumber :
wordpress.com/2011/10/31/strategi-penetapan-harga-2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar