Sabtu, 04 Februari 2012

marketing (pemasaran)


MARKETING (PEMASARAN)

Pemasaran mempunyai peranan utama (pokok) yang mempunyai kedudukan sebagai perantara antara produsen dan konsumen. Pemasaran merupakan suatu urutan-urutan kegiatan yang saling berkaitan erat yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui sebuah proses pertukaran.

Definisi Marketing menurut para ahli antara lain : 
  • Menurut WY. Stanton
Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
  • Menurut H. Nystrom
Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
  • Menurut Philip Kotler 
Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Dalam pemasaran terdapat empat prinsip dasar yang terdiri 4 P yaitu :
  • Product (produk)
  • Price (harga)
  • Place (tempat) / distribusi.
  • Promotion (promosi)

a. Product (Produk)

Definisi produk menurut Philip Kotler adalah : “A product is a thing that can be offered to a market to satisfy a want or need” . Produk adalah sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, pembelian, pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.

b. Price (Harga)

Definisi harga menurut Philip Kotler adalah : “price is the amount of money charged for a product or service. More broadly, price is the sum of all the value that consumers exchange for the benefits of having or using the product or service”. Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Secara lebih luas, harga adalah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa.

c. Place (Tempat atau distribusi)

Definisi menurut Philip Kotler mengenai distribusi adalah : “The various the company undertakes to make the product accessible and available to target customer”. Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran.
  
d. Promotion (promosi)

Menurut Philip Kotler promotion tools(alat) didefinisikan sebagai berikut :

1. Advertising (Periklanan)
Suatu promosi barang atau jasa yang sifatnya non personal dilakukan oleh sponsor yang diketahui.

2. Personal selling (Penjualan perorangan)
Penjualan perorangan yang dilakukan oleh para wiraniaga yang mencoba dan membujuk untuk melakukan penjualan sekaligus.

3. Sales promotion (Promosi penjualan)
Suatu kegiatan yang dimaksud untuk membantu mendapatkan konsumen yang bersedia membeli produk atau jasa suatu perusahaan.


4. Public relation (Publisitas)
Suatu kegiatan pengiklanan secara tidak langsung dimana produk atau jasa suatu perusahaan disebarluaskan oleh media komunikasi.

Fungsi mengapa kegiatan pemasaran dilakukan :

1. untuk memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan
2. untuk mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli
3. untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang




SUMBER :
http://dansite.wordpress.com/2009/03/24/definisi-pemasaran-marketing/
http://chinmi.wordpress.com 
http://rajapresentasi.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar